TECHNO ANTENNA FAIR 2015

Techno Antenna Fair atau biasa disingkat menjadi TAF adalah salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada. Tahun 2015 merupakan tahun kedelapan diselenggarakannya TAF. TAF tahun ini mengambil tema “Teknologi Early Warning System Tanggap Bencana dan Sistem Komunikasi Darurat”. Tema ini dipilih karena potensi bencana alam di Indonesia pada umumnya dan di Yogyakarta pada khususnya yang menyebabkan perlu adanya sistem peringatan dini atas bahaya bencana alam sehingga korban jiwa dan materi dapat dikurangi. Penyelenggaraan TAF tahun ini dapat terlaksana berkat kerjasama dengan ORARI DIY (Organisasi Radio Amatir Indonesia wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta) dan mendapat dukungan sepenuhnya dari Menristek Dikti.

TAF 2015 diselenggarakan selama  dua hari, yaitu tanggal 6 dan 7 Juni 2015. Hari pertama berisi pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan perlombaan Omni-directional Antenna Pattern Analyzer (APA) dan Omni-directional Signal Doubling Contest (OMNI-SDC). Pada hari kedua pelaksanaan TAF terdapat 4 macam lomba berbeda yaitu Directional Antenna Pattern Analyzer (DAPA), Directional Signal Doubling Contest (DIRECT-SDC), HT Doubling Contest, dan Emergency Communication Set-Up. Penyelenggaraan TAF bertepatan dengan penyelenggaraan Amateur Radio Festival yang merupakan ajang pertemuan berbasis intelektual untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian di bidang radio amatir.

Peserta TAF berasal dari berbagai kalangan dan daerah, tidak hanya ahli radio amatir yang mengikuti perlombaan ini akan tetapi mahasiswa juga mengikuti perlombaan ini. Jumlah antena yang ditandingkan pada cabang lomba APA terdapat 82 antena , lomba OMNI-SDC terdapat 32 antena terbaik dari perlombaan APA, lomba DAPA terdapat 37 antena dan lomba DIRECT-SDC terdapat 22 antena terbaik dari perlombaan DAPA. Pada cabang HT Doubling Contest terdapat 25 HT yang diikutkan dalam perlombaan. Pada perlombaan Emergency Communication Set-Up terdapat 21 peserta. Berikut daftar juara dari masing-masing lomba:

Kategori Lomba Peringkat Nama Callsign
APA 1 SUDARMAN

YD2XAN

  2

H. HADI SASONO, SH,M

YD2WYD

  3

BOHUSAMI CLUB STATION

YB8ZU

 

4

YENNY CHRISTIANTY

YD2NFF

  5

FRIYADI YUNIARTO

YD2PIO

OMNI-SDC 1

YENNY CHRISTIANTY

YD2NFF

  2

EKO WIDIJASTA

YD2JCB

  3

Drs. AJIB HANAFI

YD2WAC

  4 BOHUSAMI CLUB STATION

YB8ZU

DAPA 1

LEONARDUS SURYO SUHARTO

YC2DMA

  2

FACHRI RAHADI

MAHASISWA

  3

HANDIKO GESANG

MAHASISWA

  4

M. HELMY NOOR, S.ST, M.T

YD7HEO

  5

M. SAFRUDIN BAYU AJI

YC2VBA

DIRECT-SDC 1

LEONARDUS SURYO SUHARTO

YC2DMA

  2

SUDARMAN

YD2XAN

  3

M. SAFRUDIN BAYU AJI

YC2VBA

  4

YENNY CHRISTIANTY

YD2NFF

HT DOUBLING CONTEST 1

YENNY CHRISTIANTY

YD2NFF

  2

SUDARMAN

YD2XAN

  3

SUDARMAN

YD2XAN

  4

DARU ARIS DIANTO

YD2XRU

EMERGENCY COMMUNICATION SET-UP 1

RISNAWAN

GOGOK TRIADI

TRI BUDI ANTORO

WAHYU H. A.

AGUS SUDIRMAN

SUHARTO

R. INDARYANTO

HANDOKO

AGUS SANTOSO

SUNARDI

YC2WMY

YC2XGO

YD2XEN

YC2XMY

YD2YOF

YD2WXJ

YC2WUC

YD2WZI

YD2XZA

YDZXTU

  2

EKO KUSWARDONO

ARIS SURYANTO

WARDANA

YC2WKC

YD2XXI

YD2UZC

 

Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika UGM berhasil mendapatkan juara 2 dan 3 dalam kategori lomba DAPA. Hal ini menunjukkan kualitas mahasiswa yang tidak kalah dengan para ahli radio amatir yang mengikuti lomba ini. Semoga dengan diraihnya hasil yang membanggakan ini dapat memicu semangat mahasiswa maupun masyarakat untuk terus berkarya demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Eureka!.

 

Atina Putri

Departemen Informasi dan Teknologi KMTF