Seminar Kerja Praktik Mahasiswa DTNTF

Sabtu (8/9) telah diadakan Seminar Kerja Praktik oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Nuklir dan Teknk Fisika Bidang Informasi dan Teknologi, untuk mahasiswa DTNTF angkatan 2016 maupun angkatan 2015 keatas yang belum melaksanakan Kerja Praktik. Kerja Praktik sendiri merupakan agenda wajib rutin untuk mahasiswa setiap tahunnya, dimana mahasiswa merupakan calon-calon tenaga profesional yang akan bekerja di berbagai bidang di masa mendatang, sehingga untuk menyiapkan mahasiswa agar memiliki pengalaman yang memadai untuk bekerja nantinya maka diadakanlah kegiatan Kerja Praktik. Namun tidak semua mahasiswa paham akan langkah – langkah yang tepat untuk mempersiapkan Kerja Praktik, sehingga hal ini menjadi latar belakang dilaksanakannya kegiatan Seminar Kerja Praktik, kegiatan ini sendiri dimaksudkan sebagai pembekalan informasi kepada mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan Kerja Praktik sehingga kedepannya mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan nantinya tujuan dari Kerja Praktik sendiri dapat tercapai.

Kegiatan Seminar Kerja Praktik atau Seminar KP dilaksanakan di Gedung Depertemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika ruang kuliah 2 untuk mahasiswa Teknik Nuklir dan ruang kuliah 3 untuk mahasiswa Teknik Fisika. Seminar KP dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh mahasiswa yang telah menjalani kerja praktik sebelumnya serta sesi diskusi dan tanya jawab. Materi yang diberikan adalah mengenai tata cara pelaksanaan kerja praktik mulai dari tahap pengajuan ke perusahaan, mengurus surat dan berkas ke bagian pengajaran DTNF, hingga pengalaman yang didapatkan oleh masing-masing pemateri di tempat kerja praktik mereka. Untuk mendapatkan sudut pandang yang beragam mengenai pengalaman kerja praktik, kedelapan pemateri pengisi seminar kerja praktik pun berasal dari tempat kerja praktik yang berbeda, masing-masing 4 pemateri untuk Seminar KP mahasiswa Teknik Nuklir dan Seminar KP mahasiswa Teknik Fisika, yaitu antara lain Abdul Rafi mahasiswa Teknik Nuklir angkatan 2014 yang melakukan kerja praktik di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Harun Ardiansyah Teknik Nuklir 2014 di Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir-BATAN, Dinur Rafif Teknik Nuklir 2015 di PT Spektra Megah Semesta Surabaya Cabang Surabaya, Silvia Phungky Teknik Nuklir 2015 di Pusat Aplikasi Radiasi (PAIR)-BATAN, Fajril Mardiansyah Teknik Fisika 2014 di PT Indonesia Power Unit Pembangkit Mrica, Hilda Rasnia Hapsari Teknik Fisika 2014 di LIPI-Lab Metrologi, Yusuf Indrawan Teknik Fisika 2014 di Tripatra Engineering, Hermin Kartika Sari dan Rega D. Marfianto Teknik Fisika 2015 di PT PJB UP Paiton.

Setelah sesi materi dan diskusi selesai, kemudian kegiatan Seminar KP ditutup dengan foto bersama pemateri, peserta, serta panitia, dan berakhir pukul 11.00 WIB.

 

-Bidang Informasi dan Teknologi (INTEL) KMTNTF