Portable Mechanical Generator with Power Storage Pack

Untitled6

Dewasa ini, ponsel memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan sosial masyarakat. Setidaknya ada 236,8 juta pelanggan seluler ditanah air, diantaranya memakai lebih dari satu. Pengoperasiannya membutuhkan daya yang cukup agar dapat berfungsi optimal. Sehingga, pertumbuhan teknologi mengakibatkan bertumbuhnya kebutuhan masyarakat akan daya. Namun, borosnya penggunaan daya pada smartphone mengharuskan pengguna smartphone untuk tetap terkoneksi dengan listrik PLN. Ketika ponsel kehabisan daya dan penggua tidak dapat terkoneksi dengan listrik PLN, komunikasi pun menjadi tidak efektif.

Ditemukannya power bank, mempermudah pengguna ponsel jika terjadi permasalahan seperti diatas. Namun, power bank tidak dapat meng-generate daya sendiri sehingga tetap membutuhkn koneksi listrik PLN. Ketika daya power bank habis, poengguna pun kembali seperti keadaan awal.

Untitled6

Portable Mechanical Generator with Power Storage Pack ( P – MAGIC ) adalah pengembangan dari alat penyimpan daya yang dihubungkan secara langsung dengan generator dan bersifat portable. Alat ini mempertimbangkan tiga poin yaitu : pembangkitan, pemyimpanan, dan penggunaan. Dengan alat ini pengguna ponsel tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan daya.

            Pembangkitan P – MAGIC dilakukan menggunakan generator / mototr yang diputar menggunakan hand-krang, putarannya kemudian diamplifikasi melalui susunan gear sehingga memutar dinamo dan menghasilkan listrik. Output listrik dari dinamo diregulasikan agar stabil pada 5 V sehingga dapat mengalirkan arus dengan baik menuju ponsel atau powerbank.

Sederhananya dinamo dapat digunakan sebagai motor seperti dijelaskan pada gambar berikut :

Untitled4

                                             Sehingga diagram kerja dari P – MAGIC dapat dijelaskan sebagai berikut : 

Untitled5

       Diharapkan, dengan adanya alat ini, masyarakat memiliki alternatif pengisi catu daya ponsel terlebih dalam keadaan emergency.