Pengembangan Concentrated Solar Power (CSP) Dengan Alat Optik

Energi baru dan terbarukan merupakan solusi untuk meminimalisir penggunaan energi fosil dan batu bara. Negara Indonesia yang terletak di daerah khatulistiwa memiliki paparan radiasi matahari dengan intensitas yang cukup tinggi..Dengan melihat kondisi tersebut, energi dari radiasi cahaya matahari tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan temperatur yang cukup tinggi dengan cara mengkonsentrasikan cahaya tersebut pada suatu titik fokus. Pemanfaatan terhadap energi matahari sebagai energi alternative sudah banyak berkembang karena cukup menjanjikan. Salah satu diantaranya adalah Solar Collector Thermal atau Concentrated Solar Power (CSP) yang sudah mulai banyak digandrungi para pemakai energi terbarukan sebagai salah satu pilihan untuk mengurangi krisis energi yang akan terjadi di dunia.

 

 

Untitled2

 

 

            Sistem parabolic trough ini menggunakan pemantulan cermin berbentuk parabola untuk memusatkan cahaya matahari ke tabung receiver, dimana didalamnya dialiri oleh fluida pemindah panas yang dipanaskan kira-kira 400oC dan kemudian digunakan untuk memproduksi uap panas. Proses pemantulan ini memanfaatkan sinar datang dan sinar pantul. Lensa bikonveks merupakan salah satu alternatif elemen yang digunakan untuk memusatkan cahaya. Dengan sifat-sifat lensa bikonveks ini diharapkan dapat mengoptimalkan energi panas yang dihasilkan pada sistem solar collector thermal tipe parabolic trough.

            Dengan melihat kondisi tersebut Ana Nadya Meilani, Sindu Daniarta, Wandyta Shifa Aulia, Hera alfa dari jurusan Teknik Fisika UGM mengajukan ide dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bidang karsa cipta untuk memanfaatkan panas matahari sebagai energy utama yang berasal dari Solar Collector Thermal untuk memanaskan fluida. Fluida tersebut akan menghasilkan uap yang dapat dimanfaatkan untuk proses evaporasi. kita memanfaatkan sifat dari lensa bikonveks yang bisa memfokuskan cahaya pada titik tertentu sehingga diperoleh konsentrasi panas yang lebih tinggi. Penggunaan lensa bikonveks ini dipasang pada bagian collector sehingga memiliki fungsi untuk mengkonsentrasikan panas matahari pada satu titik dan memantulkan nya kearah fluida

 

 

Untitled3