Penanaman Mangrove

Hutan mangrove merupakan ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Selain berfungsi untuk mengendapkan akar-akar pohon bakau untuk mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan, hutan mangrove juga berperan dalam sektor perikanan, menjaga konservasi hayati dan menyimpan karbon yang tidak merusak atmosfir.

Saat ini 52% kondisi hutan mangrove di Indonesia kurang baik, Manusia merupakan faktor dominan atas rusaknya hutan mangrove yang ada di Indonesia, seringkali terjadi pemanfaatan lahan yang berlebihan umumnya digunakan untuk tambak usaha pertambakan maupun pemanfaatan kayu bakar yang mendesak.

Oleh karena itu, KMTNTF melalui BSO pencinta alam yang biasa disebut AVANTE pada bulan April 2018 melakukan penanaman mangrove guna membantu pelestarian hutan mangrove di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan di Pantai baros, bantul, DI Yogyakarta.

Kegiatan ini ditujukan selain untuk melestarikan hutan mangrove tetapi juga untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap alam, selepas penanaman mangrove dilakukan diadakan camp ceria guna meningkatkan keakraban sesama pengurus KMTNTF. Acara ditutup dengan diadakannya bersih pantai pada pagi harinya.