Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Sebagai Kedaulatan Energi Pulau Sumba – PKM GT

Untitled7

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Dari semua pulau di Indonesia tidak semuanya dialiri listrik. Banyak pulau-pulau terpencil di Indonesia yang belum dialiri oleh listrik seluruhnya. Pada pulau Sumba yang bias menikmati listrik lebih kurang 32.29 % dari total jumlah kepala keluarga. Sumber energi listrik di pulau sumba mayoritas berasal dari pembangkit listrik tenaga diesel yang berbahan bakar minyak. Dari kapasitas PLN di pulau sumba total 10.905 KW, PLTD mampu memproduksi 8.105 KW sisanya di produksi oleh pembangkit listrik tenaga mikrohidro dan surya. Namun, penggunaan PLTD semakin berkurang karena kelangkaan dan meningkatnya harga BBM, dan tidak ramah lingkungan. Berdasarkan penelitian oleh kementerian ESDM pulau sumba mempunyai potensi alam untuk dijadikan pembangkit listrik. Pada tahun 2020 pulau sumba akan dijadikan sebagai ikon pulau 100% menggunakan energi terbarukan sebagai sumber listrik.

Pulau sumba memiliki potensi laut untuk di jadikan energi. Kondisi laut di pulau sumba yang berhadapan langsung dengan samudera hindia di bagian selatan dan memiliki ketinggian dan kecepatan gelombang laut yang cukup besar dan stabil.

Dengan latar belakang tim PKM GT yang beranggotakan 5 orang, yang terdiri 3 orang dari Teknik Fisika yaitu Faisal Dhio Saputra, Fadlan Surya Aditama, Ahmad Sony Alfathani, dan 1 orang dari Teknik Elektro yaitu Ichsan Arief Wibowo dan 1 orang dari Teknik sipil yaitu Ifah Silvi Nurainiah mempunyai ide untuk membangun dan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang laut.

Untitled7

Pembangkit listrik gelombang laut yang cocok di perairan tersebut merupakan pembangkit listrik gelombang laut sistem bandulan (PLTGL-SB), karena ketinggian gelombang laut sekitar 0,5-1.5 meter sehingga mampu menghasilkan listrik cukup besar di ketinggian tersebut, tidak merusak kehidupan bawah laut dan di apungkan di laut dekat pantai sehingga mudah di kontrol dan lebih murah dalam pembangunan.

PLTGL-SB yaitu pembangkit listrik yang diapungkan di laut dekat pantai yang bagian atas terdiri dari bandulan, gigi roda dan generator. Cara kerjanya yaitu memanfaatkan gerakan pitching benda apung (buoy/kapal/ponton) dan terdapat bandul yang dipasang vertikal dan dihubungkan dengan pompa hidrolik untuk memutar generator.

Dengan adanya PLTGL tersebut dapat menjadikan desa di pesisir pantai selatan pulau sumba menjadi desa mandiri energi dan dapat terealisasinya pulau sumba sebagai ikon pulau dengan 100% menggunakan sumber energi terbarukan.

 

                                           Lampiran  Gambaran Teknologi yang Hendak Diterapkembangkan

Untitle8

Untitled10

Untitled11