Mempersiapkan Karir Gemilang dengan CW 2015

CW
 
CW

Pada tanggal 15-16 Mei 2015, di ruang 2.1 KPFT, Departemen HAL KMTF menyelenggarakan CW (Career Workshop) dengan mengusung tema “Preparing Best Career for Facing AEC 2015”. CW merupakan acara tahunan yang telah diselenggarakan empat kali dengan tema berbeda tiap tahunnya.

Hari pertama CW dibuka oleh sambutan dari Muhammad Irsyad Adireja (Teknik Fisika 2013) selaku ketua panitia dan Sekretaris Jurusan Dr.-Ing. Awang N.I Wardana,S.T.,M.T.,M.Sc. pada pukul 08.00 WIB. Seminar hari pertama dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama adalah CV (Curriculum Vitae) review yang diikuti oleh hampir seluruh angkatan. Setelah coffee break, sesi selanjutnya hanya diikuti oleh angkatan 2011, yakni materi Forum Group Discussion (FGD), dan materi psikotes dari ECC (Engineering Career Centre) UGM. Acara hari pertama selesai pada pukul 16.00 WIB.

CW hari kedua dimulai dengan seminar oleh Drs. Yosafat Dwi Santoso selaku Kepala Seksi Pembinaan Kelembagaan Penempatan dan Pasar Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DIY. Sesi diisi dengan materi ketenagakerjaan yang bertujuan untuk memberitahu faktor-faktor penting yang harus kita miliki untuk menjadi tenaga kerja yang baik. Selain itu,beliau juga memberikan berbagai informasiseperti seputarlapangan pekerjaan dan Asean Economic Community (AEC). Sesi selanjutnya adalah simulasi wawancara kerja. Pada sesi ini peserta diwawancara oleh empat orang interviewers yang merupakan alumni JTF, yaitu Djohan Djanudji selaku Chief Executive Officer PT Djohan Surabaya, Karyawan Aji Sutopo selaku Deputy Manager PT PLN, Achiriyanto Rachmad selaku Engineering Manager PT Indokomas Buana Perkasa, dan Nur Setianto Suroto selaku Project Engineer CNOOC-Enerbi. Simulasi dibuat semirip mungkin dengan wawancara kerja sesungguhnyauntuk memberikan peserta gambaran wawancara kerja. Sesi terakhir adalahsharing session dari keempat alumni tersebut, yang diisi denganinformasi persiapan peserta dalam menghadapi wawancara kelak.

Overall setiap sesinya sih keren, tapi perlu durasi lebih kayaknya agar didapatkan ‘feel’ yang lebih di salah satu sesi yang menurutku sangat penting terkait step, misalnya di psikotest. Acara yang dikemas secara padat dan mengena, pematerinya juga keren, ditambah lagi peserta benar-benar merasakan animo dan perasaan tegang sebelum interview. Jarang lho acara seperti ini – Gandha TF 12

 

Americya Lyeva (TF 2014),

Kirana Dipta R (TN 2013), 

Syifa Saskia (TF 2014)

–Departemen Informasidan Teknologi KMTF