Workshop #JTF_Berprestasi

Yogyakarta.  Sabtu (16/11), INTEL mengadakan workshop yang mengangkat tema #JTF_Berprestasi, bertempat di TN VII, Jurusan Teknik Fisika UGM. Di acara ini terdapat dua sesi, sesi pertama peserta mengikuti sharing pengalaman mutiara JTF dan sesi kedua workshop cara pembuatan proposal ilmiah. Siapa saja mutiara JTF tersebut? INTEL menghadirkan Zakariya Arif Fikriyadi (Teknik Fisika 2008) dan Andhika Yudha P. (Teknik Nuklir 2012). Namun, tidak hanya mutiara JTF yang diundang, INTEL juga mengundang Mukharir yang berasal dari Teknik Industri 2011. Ya, mereka yang mengisi acara sharing pengalaman berprestasi mereka kepada para peserta, sedangkan untuk acara workshop pembuatan proposal ilmiah, dipandu langsung oleh Bapak Ahmad Agus Setiawan.

IMG_8503e

Acara dibuka oleh Rianti TF’12 sebagai moderator acara, kemudian dilanjutkan dengan materi yang diisi oleh Zakariya Arif, yang dengan antusias menceritakan partisipasinya dalam mengikuti LKTI di Malang, Jawa Timur. Beliau menjabarkan bagaimana menemukan ide, kemudian menuangkannya dalam bentuk karya tulis, yang ternyata, karya tulis dapat membuat adrenalin kita terpacu, menguatkan tali silaturahmi, jalan-jalan, mengikuti seminar gratis, dan syukur-syukur mendapat hadiah. Tidak hanya itu, diberikan juga tips-tips cara berpresentasi yang menarik.

Acara selanjutnya diisi oleh Andhika Yuda, yang menjadi delegasi Indonesia dalam acara Tokyo Tech AYSEAS September lalu di Thailand. Beliau menceritakan apa saja yang dilakukan di rangkaian acara Tokyo Tech AYSEAS antara lain berkunjung ke beberapa industri dan universitas, diskusi setelah  setiap kunjungan, dan analisis perusahaan yang telah dikunjungi. Selain itu, beliau juga memberikan materi tentang bagaimana cara menulis surat motivasi (motivation letter) agar menarik. Beliau memaparkan surat motivasi yang baik berisi berdasarkan pengalaman hidup dan tidak dibuat monoton.

IMG_8526e

Kemudian acara dilanjutkan dengan materi bagaimana PKM adalah ajang bagi kita untuk merealisasikan ilmu yang kita miliki, yang diisi oleh Mukharrir, yang menjadi peserta DEYS 2013 di Turki. Beliau juga menambahkan tips-tips dalam mengajukan dana dengan metode proposal ilmiah yang diajukan ke pihak yang atas (semisal skala universitas) menuju ke yang lebih bawah (skala jurusan). Tidak hanya mengisi materi, tetapi Beliau juga memperlihatkan video mengenai mimpi-mimpi yang ingin dicapai.

Acara terakhir dipandu oleh Bapak Ahmad Agus Setiawan, di mana beliau memperlihatkan video motivasi mengenai kegiatan KKN yang membantu masyarakat dalam mengatasi kekurangan air bersih. Setelah video berakhir, Beliau memandu peserta cara membuat proposal ilmiah yang berskala internasional. Di penghujung acara, Beliau mengadakan simulasi pengajuan proposal dengan wujud peserta mempresentasikan ide-idenya menggunakan bahasa Inggris.

IMG_8596e

Sesuai dengan nama acaranya, #JTF_Berprestasi, acara ini diharapkan dapat memotivasi para calon mutiara JTF agar lebih berprestasi untuk ke depannya. (Hanna-Dipta TN’13)